SMP POMOSDA MAOSPATI MAGETAN JAWA TIMUR INDONESIA


Sabtu, 16 Oktober 2010

Unjuk Kemampuan dalam Demonstrasi Bahasa

Memiliki kecakapan dalam penerapan bahasa arab dan inggris dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal yang diharuskan bagi santri POMOSDA. Berlebih untuk dapat menunjukkan kreatifitas dalam menggunakkan bahasa internasional (bahasa inggris)

maupun bahasa arab yang merupakan tujuan dari program kebahasaan pondok. Demikian halnya dengan SMP POMOSDA Maospati magetan yang serta merta mengadakan program demonstrasi bahasa dalam tiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan aju kebolehan siswa dalam berbahasa dan merupakan kegiatan yang digelar tiap semester. Adapun bahasanya meliputi; bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.



Kegiatan demonstrasi bahasa kali ini mengambil tema “ LANGUAGE EXPRESSES YOUR BEST! “ ini bertujuan melatih santri agar dapat terampil dalam mengaplikasikan bahasa inggris maupun arab yang menjadi bahasa resmi sehari-hari santri di lingkungan pondok. Acara yang dibuka oleh Ustad Kunnasihin ini memberikan kemeriahan tersendiri bagi seluruh audiences yang ada. Audiences yang terdiri dari seluruh santri kelas VII, VIII, IX dan seluruh ustad ustadzah. Penonton sesekali bersorak sebagai tanda antusiasme mereka dalam memeriahkan agenda semesteran pondok tersebut.

Acara Demonstrasi Bahasa ini tentu saja tidak luput dari tampilan-tampilan handal para peserta pilihan dari perwakilan masing-masing angkatan. Mereka adalah Binti dari kelas 7 yang membawakan pidato Bahasa Indonesia berjudul Narkoba. Pidato bahasa Inggris berjudul bad behavior dibawakan oleh Rico Aji Sentanu, pidato bahasa Jawa dengan apik dibawakan oleh Ireka R dengan judul mensyukuri nikmat Allah dan pidato bahasa Arab dibawakan oleh Alvian dengan judul Tsunami, serta banyak yang lainnya.

Dalam memeriahkan acara kali ini, disuguhkan beberapa hiburan, diantaranya adalah Drama, telling story, Hadrah dan hiburan lain yang tentunya sangat interesting. Drama dan telling story tentunya juga disuguhkan dalam bahasa arab dan inggris yang dikemas baik oleh para pemainnya dengan judul yang tak jauh dari sekitar kita. Drama bahasa arab dengan judul Ande-ande Lumut dan telling story yang berjudul Snow White, Toba Lake dan Timun Emas. Tampilan yang disajikan kocak ini tak ayal mampu mengocak perut penonton. jika acara Demonstrasi bahasa kali ini terlihat begitu meriah. Hal ini dapat dilihat dari para pemain drama yang mempersiapkan kelengkapan atribut dengan sangat maksimal.

“Language expresses your Best” dari tema domonstrasi Bahasa kali ini diharapkan mampu memotivasi aplikasi bahasa santri dengan sabaik-baiknya dan mampu membawa santri POMOSDA menjadi santri yang professional dan berkwalitas.(*)

Tidak ada komentar: