SMP POMOSDA MAOSPATI MAGETAN JAWA TIMUR INDONESIA


Sabtu, 16 Oktober 2010

Belajar dan Berkarya Lii’lai Kalimatillah di SMP POMOSDA Maospati

Menjadi generasi yang berpengetahuan tinggi, intelektual dan bertaqwa merupakan harapan semua orang tua. SMP POMOSDA Maospati merupakan lembaga yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam mewujudkannya. Merupakan lembaga pendidikan yang dalam penyelenggaraanya menggabungkan dua system yaitu system secara umum(menurut UU Sisdiknas no 20 tahun 2003) dengan system kepondokan yang sudah membudaya di Indonesia saat ini. Itulah mengapa SMP POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) pada pagi hingga siang harinya melakukan kegiatan belajar mengajar seperti SMP pada umumnya.

 Di luar itu semua kegiatan dilakukan di lingkungan pondok. Jadi, kegiatan pembelajarannya nonstop dilakukan selama 24 jam. SMP yang dikepalai oleh bapak Mohammad Masrukhan, S.Ag ini merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang menggunakan sistem terpadu antara kurikulum dinas pendidikan dan pondok modern. Dengan diwajibkannya seluruh murid untuk berasrama di pondok, maka tidak bias dipungkiri lagi tentunya keakraban diantara siswa-siswi di SMP POMOSDA semakin erat. Tidak hanya itu saja, kita pun diwajibkan untuk menggunakan bahasa arab dan inggris dalam percakapan kita sehari-hari.

SMP POMOSDA juga siap melahirkan kader-kader yang kreatif, imajinatif, demokratis, inovatif dan berakhlak mulia. Karena SMP yang berdiri sejak tahun 2004 ini, selain mengajarkan pelajaran layaknya SMP pada umumnya juga diberi pelajaran tentang agama seperti aqidah akhlak, al-qur’an hadist, fiqih and qiro’ah. Dan dibekali beberapa ketrampilan-ketrampilan dan lifeskill yang tentunya sangat bermanfaat untuk masa depan para siswa.

No Sunday, No Holliday. Begitulah kiranya yang ada di SMP POMOSDA. Pasalnya, hari libur kita tidak hari minggu seperti pada sekolah umumnya melainkan pada hari jum’at. Keunikan tersebut dapat kita jumpai dimana lagi kalau bukan di POMOSDA , tapi walaupun libur, tetap digunakan untuk jum’at bersih, percakapan bahasa inggris/arab(conversation/ mukhadasah) dan olah raga.

Dengan gigihnya kepsek SMP POMOSDA berjuang demi mewujudkan tujuan yang dikehendaki lembaga yaitu memancarkan pendidikan islam secara kaffah (utuh) dan mewujudkan social dengan semangat jihadunnafsi serta membentuk generasi arifun billah (paham terhadap Tuhan) yang selalu mengedepankan nilai-nilai illahiyah. “menumbuh kembangakan insan yamg berilmu , beramal dan bertaqwa” inilah misi dari pada SMP POMOSDA serta “menciptakan insan berbudi pekerti luhur yang dijiwai dengan IPTAK dan IMTAQ”adalah misi SMP POMOSDA.

Tak perlu dikhawatirkan bahwa dalam rangka mengembangkan bakat dan potensi para siswa dapat ditampung dalam beberapa kegiatan, salah satu contohnya pemilihan MASTER OF LANGUAGE. “aku sangat senang dan bersyukur sekali bisa berhasil dalam pemilihan ini”, ujar Wakhid Dian Budianto pemenang pemilihan MASTER OF LANGUAGE. Semua itu didukung dengan keseharian siswa yang luput dengan support para ustad/ustadah yang selalu mengingatkan bahwa betapa pentingnya 2 bahasa tersebut diera sekarang dan yang akan datang.

“Harapan kami, POMOSDA kedepannya semoga benar-benar menjadi harapan dan dambaan masyarakat amien…”terang bapak Masrukhan dengan tegasnya. Berbagai kiat untuk mengembangkan POMOSDA telah dilakukan beliau mulai dari memberikan motifasi kepada para tenaga pendidik tentang pentingnya pengabdian, hingga meningkatkan ditingkat MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) maupun instansi yang terkait. (*)

Tidak ada komentar: